KONSEP DASAR PENELITIAN DALAM KEPERAWATAN

collected by: sayuti

A. Pengertian Riset / Penelitian

Penelitian merupakan terjemahan dari kata research (Inggris) yang akhirnya diIndonesiakan menjadi RISET.
Secara etimologi, riset berasal dari dua kata yaitu ”re” yang berarti kembali atau berulang-ulang, dan ”search” berarti mencari. Dengan demikian, riset berarti mencari makna kembali secara berulang-ulang.
Penelitian keperawatan menurut American Nurse’s Assosiation (1981) adalah pengembangan pengetahuan tentang kesehatan dan kemajuan kesehatan di dalam keseluruhan rentang kehidupan, merawat atau memelihara orang yang mengalami masalah kesehatan dan ketidakmampuan baik fisik maupun psikologis.
Pandangan lain mengatakan bahwa penelitian kesehatan merupakan studi tentang pendidikan, administrasi keperawatan, pelayanan kesehatan, karakteristik perawat, peranan perawat dan situasi klinis.
Menurut (Burns dan Gove, 1993) penelitian keperawatan adalah proses ilmiah yang memvalidasikan dan menyuling pengetahuan yang ada dan membangun pengetahuan baru baik langsung maupun tidak langsung mempengaruhi praktik keperawatan.
Pencarian (riset) pada dasarnya bersumber dari beberapa pertanyaan berikut:
1. Apa yang perlu diketahui
2. metode penelitian apa yang digunakan untuk membangun pengetahuan
3. metode pengukuran apa yang akan digunakan
4. dapatkah elemen lain dicegah pengaruhnya terhadap elemen yang diukur
5. makna apa yang dapat diekstraksi dari pengukuran itu
Tujuan utama penelitian keperawatan adalah mengembangkan dasar pengetahuan ilmiah untuk praktik keperawatan yang efektif dan efisien. Peneliti keperawatan bertanggung jawab terhadap mutu layanan keperawatan bagi masyarakat serta rumusan cara-cara peningkatan mutu layanan tersebut.
Penelitian merupakan salah satu peran perawat yang wajib dilaksanakan. Salah satu jalan yang dapat ditempuh adalah memulai penelitian dari sekarang sedikit demi sedikit daripada tidak sama sekali.

B. Persyaratan Penelitian

Tanpa adanya penelitian, maka pengetahuan tidak akan berkembang, padahal ilmu pengetahuan adalah dasar semua tindakan dan usaha. Jadi, penelitian harus dilakukan sebagai dasar untuk meningkatkan pengetahuan.

Ada tiga syarat penting yang harus dipenuhi dalam mengadakan suatu penelitian, yaitu:
1. Sistematis : Artinya dilaksanakan menurut pola tertentu, dari yang sederhana sampai kepada hal yang kompleks hingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien.
2. Berencana : Dilaksanakan dengan perencanaan yang matang tentang langkah-langkah pelaksanaannya.
3. Ilmiah : mulai awal sampai akhir kegiatan penelitian mengikuti cara-cara yang ditentukan yaitu prinsip yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan.

C. Proses Riset

Riset adalah usaha mencari kebenaran yang belum terungkap secara sistematis, menggunakan metode ilmiah. Secara umum, riset berlangsung melalui proses seperti diagram berikut ini:

Proses riset biasanya dimulai dengan munculnya suatu ide untuk diteliti. Gagasan riset muncul biasanya dari suatu pengalaman, dari penelusuran kepustakaan, dari pemerintah atau lembaga penyandang dana.

D. Laporan Riset

Betapapun baik dan berguna hasil temuan suatu penelitian tidak akan berguna apabila tidak dikomunikasikan kepada orang lain. Cara menyampaikan laporan hasil temuan hampir selalu tertulis.
Ada beberapa jenis laporan hasil peneilitian, di antaranya: laporan akhir program untuk mahasiswa tingkat akademi, laporan penelitian untuk kegiatan perlombaan, laporan untuk memenuhi salah satu jenjang program akademik (sarjana, master, doctor) dan laporan penelitian untuk dosen.
Laporan akhir mahasiswa tingkat akademi merupakan kewajiban setiap mahasiswa untuk memenuhi salah satu tugas dalam rangka penyelesaian program studi D.III. Laporan tersebut dapat berupa laporan hasil praktik, laporan hasil magang atau makalah akhir program. Struktur laporan disesuaikan dengan lembaga masing-masing.Laporan Studi mahasiswa untuk jenjang diploma disebut Karya Tulis Ilmiah.
Laporan penelitian untuk karya kesarjanaan , merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan oleh setiap mahasiswa menuyrut jenjangnya (sarjana, master dan doctor), dalam hal ini mahasiswa dibimbing menyelesaikan tugasnya mulai dari pembuatan proposal, melaksanakan penelitian dan membuat laporan hasil penelitian secara terperinci. Laporan tersebut harus dipertanggungjawabkan melalui ujian sesuai dengan jenjang pendidikannya. Laporan tersebut berbeda sebutannya, sesuai jenajng pendidikan. Untuk Strata 1 (S1) disebut SKRIPSI, S2 disebut TESIS dan untuk S3 disebut DISERTASI.
E. Sistematika Penulisan Laporan.

Tidak ada standar baku untuk sebuah sistematika penulisan laporan, yang ada hanya standar minimal dan standar rasional. Standar minimal biasanya digunakan dalam perlombaan penelitian, dalam hal ini standar ditentukan oleh panitia perlombaan. Standar rasional biasanya menggunakan logika berfikir untuk menyusun sebuah kerangka laporan, kerangka ini terdiri dari pendahuluan, kajian pustaka, metodologi, hasil penelitian, pembahasan dan kesimpulan dan saran.

Berikut contoh standar rasional sistematikan penulisan laporan yang digunakan beberapa perguruan tinggi.

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitan
D. Manfaat Penelitian

BAB II STUDI KEPUSTAKAAN
A. Teori yang mendasari
B. Penemuan Yang Lalu
C. Ringkasan dan kerangka berfikir penelitian
D. hipotesis
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Rancangan penelitian
B. Pemilihan subjek (populasi, sampel, lokasi)
C. Validitas instrumen
D. Pengumpulan data
E. Analisa data
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
B. Pembahasan
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
Daftar penunjang (Kepustakaan)
end….

About these ads
Explore posts in the same categories: Tak Berkategori

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

2 Komentar pada “KONSEP DASAR PENELITIAN DALAM KEPERAWATAN”

  1. bambang Suparno Berkata

    Trimakasih, telah membantu kami Stikes Papua-Sorong.good’s….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: